Senin, 11 Maret 2013

Cara Mudah Untuk Cek Data Dapodik untuk TPP

Cara Mudah Untuk Cek Data Dapodik untuk TPP - TPP mulai 2013, BOS, tunjangan fungsional, tunjangan spesial pertolongan rehab, blok grand/dak serta pertolongan lain dapat berdasar pada dapodik ( data pokok pendidikan ). Karenanya, peran operator tingkat sekolah amat mutlak saat melakukan sistem pendataan profril sekolah, siswa, serta pendidik/guru atau tenaga kependidikan melewati aplikasi dapodik.
data yang didapatkan dari sekolah dapat dipakai untuk basic rencana, evaluasi serta kebijakan nasional dan basic untuk pemerintah pusat serta tempat untuk pemberian pertolongan pada sekolah yang diantaranya termasuk program :
Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar  perencanaan, evaluasi dan  kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberian bantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program:

1.  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN
2.  Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP)
3.  Rehabilitasi ruang belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dls)
4.  Dana Alokasi Khusus (DAK)
5.  Ruang Kelas Baru
6.  Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi
7.  Subsidi/tunjangan bagi guru
8.  Dan lain sebagainya.

Karena, kelengkapan data yang dikirim oleh sekolah dapat jadi basic pemberian type serta besar pertolongan dari pemerintah serta pemerintah tempat pada tiap-tiap sekolah. oleh dikarenakan itu, sekolah yang tidak berikan data tidak akan dialokasikan semua type pertolongan pada sekolah

Yang berkaitan. Demikianlah juga, data yang tidak akurat, dapat menyebabkan ketidaktepatan type serta besar pertolongan yang didapatkan. sekolah diharuskan berikan data yang akurat serta bisa dipertanggungjawabkan, dikarenakan data tersebut dapat jadikan basic untuk evaluasi serta audit pada sekolah.
Cek Data PTK 
Data PTK yang tidak valid akan berakibat tidak memenuhi syarat menerima tunjangan profesi. Untuk itu, perlau mengecek data PTK dan bila ada data yang tidak benar agar dapat segera diperbaiki. Perbaikan data hanya bisa dilakukan melalui aplikasi pendataan dikdas oleh operator sekolah.
Langkah cek data PTK (klik poster di atas)

  1. ketik NUPTK
  2. ketik pasword berupa tanggal lahir dengan format, tahun-bulan-tanggal ( contoh, lahir 19 Januari 1970 ditulis 19700119)
  3. klik login.
Keterangan Hasil Cek Data
  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.
  • Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com utk ditelusuri pengelola data mengenai penyebabnya. HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK. PENGELOLA TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
Selamat mencek Cara Mudah Untuk Cek Data Dapodik untuk TPP semoga berhasil dengan data yang valid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar