Kamis, 28 Maret 2013

Bagaimana Cara Install Kloxo di VPS

Kloxo merupakan salah satu control panel alternatif terbaik selain cpanel jika menurut pribadi ocim blog sendiri, sebab dengan banyak fitur hampir sama membuat para pengguna sangat nyaman ketika menggunakannya. Disamping itu kita bisa menggunakannya tanpa mesti membayar, sebab semuanya gratis tanpa ada tagihan bulanan yang mahal.

Disamping itu bisa kita integrasikan pada whmcs yaitu suatu program billing paling laris dan banyak digunakan oleh penguasa web hosting diseluruh dunia, memang ada pengaturan tambahan jika ingin menggabungkan keduanya. Namun menurut saya lebih baik menggunakan Kloxo dibandingkan jika memakai Cpanel, untuk ukuran pengguna yang ingin menghemat.

Untuk installasi sendiri anda bisa membaca tutorial dari kami selengkapnya, namun hal penting sebelum memulai yang mesti disiapkan adalah server anda. Kadang-kadang waktu dibutuhkan sampai akhir bisa sampai dengan 1-2 jam bahkan lebih, tetapi jika anda mempunyai server yang cukup dalam segi memori bisa saja sebentar.

Kalau ingin mencoba-coba sebelum membeli VPS harga mahal, lebih baik kita beli paket terkecil untuk mencoba memulai praktek sebelum di publikasikan sebagai website utama. Silahkan lihat panduan Bagaimana Cara Install Kloxo di VPS dibawah ini.

  1. Ketika memilih OS saya sarankan Centos 5 yg 32 bit, sebab pengalaman memang stabil pada segi ini.
  2. Gunakan program SSH gratis seperti Putty atau Bitvise (untuk tutorial koneksi lihat dibawah ini, saya menggunakan bitvise pada contoh).
    Bagaimana Cara Install Kloxo di VPS
    Note:
    • Masukan Host: Misal 201.111.1.111
    • Port: 22 (Standar)
    • Username: root
    • Password: Password yang terdapat pada saat pembelian vps, biasanya akan ada pada email.
  3. Kalau sudah berhasil masuk selanjutnya anda masukan perintah dibawah ini satu persatu, saya sarankan untuk mengetik manual bukan di copy paste.
    su - root
    yum install -y wget
    wget http://download.lxcenter.org/download/kloxo/production/kloxo-installer.sh
    sh ./kloxo-installer.sh --type=master
    or
    sh ./kloxo-installer.sh --type=slave
  4. Ketika proses instal kita hanya cukup ketik y dan enter sampai selesai, sebab pada beberapa waktu akan ada perintah untuk memasukan pertanyaan seperti install cms dsb.
  5. Jika sudah selesai kita cukup akses kloxo dengan mengakses dengan url http://IPSERVER:7778 (IPSERVER= diganti dengan IP VPS anda). Ketika login kita cukup masukan user dan password: admin dan admin
  6. Selesai sampai tahap ini sudah bisa digunakan, namun nanti akan admin update kembali jadi tunggu saja.
Terima kasih sudah membaca postingan terbaru dari kami tentang Bagaimana Cara Install Kloxo di VPS, mudah-mudahan semuanya bermanfaat dan bisa anda mengerti dengan jelas. Jika ada yang masih bingung tinggal kirimkan pesan lewat kotak komentar dibawah, jika ada waktu saya akan mencoba memberikan bantuannya sebisanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar