Jumat, 03 Mei 2013

Cara membuat Daftar Isi Blog atau Sitemap

Mungkin anda pernah melihat beberapa blog yang mempunyai suatu halaman khusus dimana didalamnya terdapat berbagai macam kumpulan arsip tulisan, itu biasa kita sebut sebuah daftar isi blog atau lebih umumnya sitemap.

Keuntungan yang bisa kita peroleh dengan membuat halaman tersebut untuk memudahkan pengunjung agar bisa mencari topik tertentu, bisa jadi malah membuat pageview blog kita semakin banyak jika memang terdapat tulisan yang menarik untuk dibaca.

Contohnya situs Ocim Blog mempunyai sitemap yang bisa dilihat disini, jika tidak muncul coba aktifkan fitur javascript pada browser anda sebab memang harus begitu.

Namun pada pembahasan kita pada hari ini akan memberi sedikit trik code agar muncul secara otomatis, dimana daftar tulisan akan tersusun rapi sesuai dengan Labels pada blog.

Selain itu keuntungannya bisa menambahkan sisi positif dimata pemasang iklan bahwa situs kita tersebut memang profesional, namun harus ingat ini hanya bisa dipasang pada blog yang memakai blogger.com saja tidak bisa pada wordpress.com dan lainnya.

Kalau begitu langsung saja silahkan anda lihat tutorialnya dibawah ini.

Pertama silahkan buat sebuah Posts baru atau juga Pages baru pada blogger.

Cara membuat Daftar Isi Blog atau Sitemap

Jika sudah coba lihat disebelah kiri atas, anda pilih menu HTML bukan Compose sebab nantinya tidak akan berjalan.
Cara membuat Daftar Isi Blog atau Sitemap
Kemudian beri judul yang sesuai misalkan Daftar Isi atau Sitemap, lalu pasang script dibawah ini tanpa harus diedit lagi.

<script src="https://sitemapku-blog.googlecode.com/files/contentt.js"></script><script src=" http://ocimartikel.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>

Ganti url ocimartikel.blogspot.com menjadi alamat blog anda.
Selesai dan Langsung simpan Halaman tersebut.

Itu saja tutorial blogspot hari ini mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar